Olahraga Melompati Unta



Tradisi Lompat Unta

Ada-ada saja yang dilakukan oleh para pria suku Zaraniq yang tinggal di pantai barat Yaman. Mereka mempunyai olahraga unik yang juga tradisi di daerah mereka.

Dalam suku tersebut mereka mempunyai tradisi melompat unta. Tradisi ini mirip dengan lompat batu yang ada di Pulau Nias, Indonesia. 

Inti dari olahraga ini adalah lari lalu melompat melintasi sebanyak mungkin unta yang sedang berbaris.

Pemenangnya adalah orang yang mampu meloncati barisan unta yang banyak. Sebelumnya, para peserta lompat unta wajib memakai pakaian tradisional warna biru yang digulungkan di sekitar pinggang sebelum mereka meloncat.

Sebenarnya, tradisi lompat unta ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, tetapi seiring berjalan waktu, tradisi ini hampir terlupakan. 

Olahraga ini mulai dikenal lagi sejak para anggota suku Zaraniq mulai mempraktekkannya lagi baru-baru ini. Suku Zaraniq memang terkenal dengan kecepatan, kekuatan, dan keberaniannya di seluruh Yaman.

Acara lompat unta biasanya berlangsung ketika ada acara pernikahan dan al-Khamis, yaitu festival tahunan yang menandai berakhirnya musim sawit, serta diiringi oleh tarian dan nyanyian.

Penulis : regi firdaus ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Olahraga Melompati Unta ini dipublish oleh regi firdaus pada hari Minggu, 16 September 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Olahraga Melompati Unta
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages