"Obama Gagal Bangun Hubungan Baik dengan Mesir"


Presiden AS Barack Obama (Foto: Al Arabiya)Diplomat senior yang juga mantan wakil menteri luar negeri Amerika Serikat (AS) Richard Williamson menuding pemerintahan Barack Obama gagal membangun hubungan baik dengan pemerintahan baru Mesir. Bahkan, Williamson membandingkan Pemerintahan Obama dengan mantan Presiden Jimmy Carter.

"Presiden Obama bahkan tidak bisa mengidentifikasi siapa sekutu atau siapa musuh kita. Ini menunjukkan dia seorang amatiran," ujar Williamson seperti dikutip Telegraph Sabtu (15/9/2012).

Pernyataan Williamson ini dilontarkan setelah beberapa waktu lalu Obama berkata bahwa dirinya tidak yakin Mesir adalah sekutu AS kendati dia juga tidak melabeli Negeri Piramida itu sebagai musuh AS.

Namun, tak lama setelah itu Kementerian Luar Negeri AS meluruskan pernyataan Obama dengan menegaskan bahwa Mesir merupakan sekutu bagi AS. Menurut Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Victoria Nuland, ucapan Obama disalahartikan.

Ketika Nuland ditanya, "Apakah Mesir adalah Sekutu Besar Non-NATO bagi AS?" Nuland pun menjawab singkat, "Ya, benar."

Tak hanya itu, Williamson juga mengkritik lemahnya kepemimpinan Obama di kancah global dan membandingkan kepemimpinan Obama dengan Mantan Presiden Carter. "Untuk pertama kalinya sejak Jimmy Carter, Duta Besar AS tewas dibunuh," ungkap Williamson.

Sosok Mitt Romney pun tak luput dari penilaian Williamson. Menurut Williamson, pesaing Obama itu akan mengambil kebijakan keras atas Iran.

"Dia (Romney) dengan cepat akan mempersenjatai oposisi Suriah serta menuntut lebih banyak hal dari Pemerintah Mesir sebagai imbalan atas dukungan keuangan yang diberikan AS selama ini," tegas Williamson.(rhs)

Penulis : regi firdaus ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel "Obama Gagal Bangun Hubungan Baik dengan Mesir" ini dipublish oleh regi firdaus pada hari Minggu, 16 September 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan "Obama Gagal Bangun Hubungan Baik dengan Mesir"
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages